oleh

Dinas PUPR Kabupaten Kepahiang Usulkan DAK Jalan 2023 sebesar 23 Milyar. 

KEPAHIANG,Investigasindo.com – Proyeksi  Pendapatan  Anggaran dalam membangun Infrastruktur Jalan  yang bakal diperoleh Dinas PUPR Kepahiang yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK ) pada tahun anggaran 2023 mencapai sebesar 23 milyar.

DAK (Dana Alokasi Khusus) Reguler jalan yang telah di input ke Pusat oleh Dinas PUPR di Jakarta minggu lalu sesuai usulan rencana  yakni pembangunan jalan Hotmix  di 2 wilayah Kecamatan di Kota Kecamatan Kepahiang dan Kecamatan Seberang Musi Kabupaten Kepahiang.

Anggaran di bidang lainnya  seperti Irigasi di bidang Sumber Daya Air (SDA), dan juga pada bidang Cipta Karya menu kegiatan pada Tahun 2023 sudah tutup dan tidak tersedia lagi program di 2 bidang tersebut.
Sehingga hanya dari DAK Reguler Jalan yang menjadi harapan terhadap berbagai rencana program pembangunan infrastruktur yang terprogram dari berbagai bidang,tetapi hanya DAk Jalan yang Dinas PUPR Kabupaten Kepahiang peroleh. Demikian disampaikan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Kepahiang, Rudi Andi Sihaloho,ST kepada Investigasindo.com di ruang kerjanya, Senin (15/08/2022) pagi.

Rudi mengatakan, tidak diperolehnya angaran DAK Irigasi, DAK Sanitasi (MCK) maupun  DAK  Air Bersih di tahun anggaran 2023 selain menunya telah ditutup juga tentang adanya syarat yang belum dimiliki.Untuk DAK Irigasi dan DAK Sanitasi dan Air Bersih seluruh  Kabupaten/ kota Se-Provinsi Bengkulu tidak dapat, artinya bukan hanya Kabupaten Kepahiang.
” Itulah alasan jika mengapa  anggaran DAK Irigasi yang sudah 2 tahun berjalan tidak dapat  DAKnya, kalo untuk Air Bersih dan Sanitasi baru tahun depan 2023 yang menunya sudah Tutup. Walaupun usulan yang telah kita upayakan ajukan  dengan menunya sudah di tutup  maka tinggal pembiayaan dari alokasi APBD sebagai solusinya untuk membiayai pembangunan Infrastruktur Bidang SDA dan dibidang Cipta karya”, ujarnya

Kepala Dinas PUPR Rudi Andi Sihaloho,ST menyampaikan jika Minggu lalu ke Jakarta guna menginput Program Usulan DAK Tahun 2023 dan  hanya DAK Reguler yakni Jalan Hotmix yang sudah ditetapkan dan hasil final  Oktober 2022 ini diketahui hasilnya diketahui. (002)

BACA JUGA